KHOTMIL AL QURAN

By Admin 21 Jan 2024, 10:53:06 WIB SMA Putra Harapan
KHOTMIL AL QURAN

KHOTMIL QUR'AN : GENERASI RABBANI BERJIWA QUR'ANI

Perubahan zaman yang begitu pesat hingga terjadinya era disrupsi teknologi cukup berpengaruh terhadap dunia pendidikan. Menyiapkan seorang generasi yang tangguh terhadap kemajuan zaman merupakan suatu kewajiban tiap satuan pendidikan. Oleh sebab itu, salah satu hal yang harus diperkuat adalah penguatan karakter dalam diri peserta didik melalui Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Budaya ang menjadi pendorong utama dalam upaya mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yaitu pendidikan yang bertujuan membentuk pelajar beriman dan takqa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, kreatif, bernalar kritis dan mandiri serta mewujudkan pelajar yang kompetitif, bermoral, dan bertoleransi melalui nilai-nilai luhur budaya sebagai metode dan strategi serta panduan dalam pendidikan. Pendidikan karakter berbasis budaya ini juga merefleksikan pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang Tri Pusat Pendidikan.Salah satu elemen Penguatan Pendidikan Karakter adalah nilai religius yang sejalan dengan profil pelajar Pancasila.

Khotmil Qur'an adalah istilah dalam bahasa Arab yang merujuk pada penyelesaian atau penutupan baca'an Al-Qur'an. Khotmil Qur'an ini sebagai prestasi spiritual yang besar bagi siswa siswi kami. Dalam khotmil Qur’an ini anak-anak tidak hanya sekedar menghafal secara mekanis, tetapi juga memahami pesan yang ingin disampaikan oleh Allah SWT. Mereka harus berusaha untuk memahami konteks sejarah, tata bahasa, dan konteks ayat tersebut dalam keseluruhan Al-Qur’an. Mendalami makna Al-Qur’an bukanlah tugas yang mudah. Dibutuhkan kecermatan, ketekunan, dan pengetahuan yang mendalam untuk memahami ayat-ayat yang terkadang memiliki makna yang kompleks. Dengan memaknai al-qur'an ini kami dapat memperoleh hikmah dan petunjuk hidup yang berharga dari Al-Qur’an.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 20 Januari 2024 sebagai bentuk apresiasi untuk siswa siswi kami yang sudah berjuang dan berusaha dalam menghafalkan al-qur'an. Acara khotmil ini juga dihadiri langsung oleh Bapak Dwi Sucipto, S.ST, M.M  (Kasi SMA/SLB Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X), dalam sambutanya menghimbau kepada peserta wisuda Khatmil Quran agar tidak berhenti muroja'ah dan memaknai ayat-ayat al Qur'an. Beliau juga sangat mengapresiasi kegigihan siswa siswi kami dalam menghafalkan al Qur'an.

Alhamdulillahi rabbil alamiin kegiatan khotmil Qur'an ini berjalan dengan lancar berkat doa & dukungan dari semua pihak. Jazakumullah khairan katsiran.

Semoga sekolah kami semakin maju dengan karakter baik dari setiap elemen pendukungnya, mencetak generasi terbaik bangsa, berkarakter dan berakhlak mulia.




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook